Benarkah Situs KPU dihack?

Dunia politik adalah dunia yang kerap kali bersinggungan dengan informasi hoax, kabar dusta, fitnah dan yang sejenis dengannya. Terlebih jika oknum politikus tersebut melakukan segala macam cara walaupun bertentangan dengan norma hukum, agama bukan lah masalah baginya. Yang penting bagaimana kekuasaan, kedudukan dan kekayaan tetap melekat pada dirinya.

Situs KPU dihack?

Paragraf di atas sekedar intro saja dari saya sebelum kita membahas benarkah situs KPU dihack. Setelah pilkada 2017 usai rabu lalu, ramai beredar kabar di media sosial dan aplikasi pesan yang menyebut situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) dihack. Benarkah situs KPU telah dibobol oleh hacker? ataukan hoaks belaka?

Pantauan ahli keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, seperti dikutip dari Detikcom, website KPU tidak lah diretas. Saat ini situs tersebut masih dalam keadaan normal. “Vaksincom memantau bahwa situs KPU masih berjalan dengan normal dan tidak ada indikasi peretasan,” katanya kepada detikINET.

Karena itu, Alfons berani mengatakan kabar yang menyebut situs KPU diretas adalah bohong atau hoax. Menurutnya semua itu bermula dari pernyataan Komisioner KPU Hadar Gumay di media yang mengakui situs mereka diserang sekelompok hacker. Pemberitaan tersebut malah diartikan bahwa situs KPU berhasil dibobol oleh hacker. Padahal kenyataannya terjadi usaha penyerangan ke situs KPU, tapi tidak berhasil.

“Adalah sangat wajar bagi setiap situs di internet bisa menjadi korban usaha peretasan, apalagi situs KPU yang tentu menjadi situs paling populer dimasa pilkada, tentunya banyak orang yang ingin mengakses informasi situs ini, termasuk peretas yang ingin merubah tampilan situs,” kata Alfons.

Namun sayangnya hoax ini malah menjadi-jadi di media sosial. Banyak ditemukan postingan yang mencurigai adanya isu situs KPU dibobol karena suara salah satu pasangan calon melonjak. Salah satu postingan yang beredar seperti ini

Skrng, angka real count sdh naik jadi 50,19 utk Anis-Sandi. AlhamdulilLah.
Angka masing2: 13,87 – 35,95 – 50,19.
Sumber KPU yg distreaming TVRI pkl 01.10
http://dokitv.com/tvri

itu yg terbaru, jam 1 dinihari ☝️

Mohon maaf bila mengganggu jam pagi anda. Saya hanya minta doanya agar bisa terus berjihad di dunia Cyber.
Doakan kami, saya memang bukan warga Jakarta tapi ketahuilah saat ini saya dan beberapa teman skrg lg fight lawan server yg nyerang kpu:
IP hacker di deteksi dari Singapura, Vietnam dan China…mereka menggunakan 6 lapis Proxy, dan menyerang dengan mengirimkan jutaan traffic dalam hitungan menit, sehingga menyebabkan server KPU down
Skrg proxy yg nyerang nambah lg dr australia

Secara riil hitungan di KPU DKI Jakarta menang Anies. Tapi karena ulah hacker hacker musuh laknatullah maka akan ada selisih suara yang sangat signifikan.

Doakan kami.

Mohon doanya team sedang berusaha membackup, ayo yang mau bantu pertahanin ip KPU *112.215.71.242*semakin banyak yang gabung semakin kuat , dan yang lagi depan komputer silahkan dibantu yah web KPU diserang dari 4 server yang berbeda , bertubi2

Bahkan penyebaran hoax tersebut pun tidak saja menggunakan dengan gambar. Bahkan ada pembuat Hoax juga cukup kreatif dengan membuat video bagaimana hacking di server KPU terjadi.

Baca juga:  Hoax Kuota Haji Indonesia sampai 1 juta lebih jamaah per tahun

“Bagi praktisi yang mengerti IT, hal tersebut menjadi tertawaan seperti pada komentar yang dituliskan oleh pengguna Facebook lain karena perubahan data dilakukan “hanya” pada komputer lokal (client side) yang memang mudah saja diubah dengan perintah “inspect element” pada peramban, tidak beda dengan mengedit ketikan di MS Word,” kata Alfons. “Untungnya banyak netizen rupanya sudah cukup teliti dan mengkritisi usaha pembohongan yang dilakukan oleh pembuat posting tersebut,” pungkasnya

Hal aneh lainnya adalah adanya menyelip di pesan tersebut link sebuah situs streaming tv yang tentunya juga ilegal bukan lewat saluran resmi apalagi menyiarkan siaran tv premium yang berbayar.

Benarkah Situs KPU dihack? | admin | 4.5
error: Content is protected !!