Hoax Saudi Arabia akan Skorsing Jamaah Haji Indonesia

Pekan ini dunia hoax Indonesia dihebohkan dengan adanya pesan berantai yang mengatasnamakan Kementrian Luar Negeri Saudi Arabia. Pesan palsu itu mengandung ancaman dari Saudi yang akan menskorsing jamaah haji asal Indonesia tahun ini jika kasus penistaan agama Islam oleh Ahok tidak diselesaikan. Berikut pesan hoax yang beredar dari grup wa ke wa ini.

*KEMENTERIAN LUAR NEGERI SAUDI ARABIA*

Kementerian Luar Negeri Saudi Arabia dengan ini memberikan Maklumat kepada Pemimpin Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia, Seluruh Habaib dan Ulama dan Kaum Muslimin dan Muslimat di Indonesia.

Setelah mendengarkan serta menganalisa pemberitaan dan penjabaran dari Syekh Ali Jabber, tentang Kasus Penistaan Agama yang di lakukan Gubernur DKI Jakarta mengenai penafsiran Surat Al-Maidah 51.

Maka dengan ini, kami Kementerian Luar Negeri Saudi Arabia yang mewakili Kerajaan Saudi Arabia dengan ini bersikap dengan mempertimbangkan aspek keagamaan dan rasa persaudaraan sebagai Muslim dan memberikan Ultimatum sbb :

1. Kami turut prihatin dan merasakan apa yg dirasakan oleh seluruh ummat Islam di Indonesia, dengan penistaan Agama yang di ucapkan oleh Pejabat setingkat Gubernur.
2. Kami menghormati dan menghargai Hukum yang berlaku di Indonesia dengan telah ditetapkan saudara Basuki Cahyadi Purnama sebagai Terdakwa, yang kini masih dalam proses menjalani persidangan.
3. Sesuai Hukum di Negara Saudi Arabia, untuk kasus seperti itu, di ancam dengan hukuman mati (Qisash).
4. Kami sebagai Kerjaan Islam dengan ini menginginkan proses hukum tersebut bisa diputus dengan hukum yang maksimal sesuai aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Oleh sebab itu, kami atas nama Kerajaan Saudi Arabia memberikan Ultimatum sbb :

1. Kami akan mengawasi proses persidangan sampai kepada putusan akhir.
2. Kami akan memberikan peringatan kepada Pemerintah Indonesia dalam hal ini kepada Departemen Agama Republik Indonesia, bilamana *HASIL PUTUSAN* tidak memberikan *EFEK JERA*, bahwa kami akan Scorsing Jamaah Haji dari Indonesia yang akan melakukan Ibadah Haji pada musim ini sampai 2 (dua) musim selanjutnya.
3. Kami akan terus mengawasi situasi politik yang berkembang dan semakin memanas sampai benar benar situasi kembali kondusif.

Demikianlah hasil Keputusan berdasarkan Pertimbangan Hukum, Agama dan Rasa Persaudaraan berdasarkan Azas Syariat Islam.

RIYADH, 7 Febuari 2017

Info tersebut sudah langsung dibantah di antaranya oleh Syaikh Ali Jaber sendiri yang namanya dicatut di dalam pesan tersebut. Melalui Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber, Habib Abdurrahman Al Habsyi membantah jika Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan ancaman tersebut. “Dengan ini kami atas nama pihak Syekh Ali Jaber menginformasikan bahwa berita yang seolah diterbitkan oleh Perwakilan Kerajaan Saudi Arabia tersebut adalah hoax,” katanya Abdurrahman seperti dikutip dari Republika.

Baca juga:  Benarkah Situs KPU dihack?

Ada terdapat juga klarifikasi dari Saudi seperti di bawah ini.

الرئيسية النسخة الكاملة
السبت 11-02-2017م – آخر تحديث السبت 11-2-2017م

ورد الان …الجبير يفاجئ الجميع ويعلن عن الموافقة على الدخول بحوار مباشر واعادة العلاقات مع ايران مقابل هذا الشيء “تصريح”

الجمعة 10 فبراير 2017 الساعة 12:19
أكد وزير الخارجية السعودي عادل الجبير أن الرياض تطمح إلى الارتقاء بالعلاقات الاستراتيجية والتاريخية القوية مع انقره إلى مكان أفضل.
وقال الوزير الجبير في حديث لقناة “تي آر تي “التركية أن نحو 200 مسؤول سعودي وتركي اجتمعوا للعمل على مشاريع أمنية وعسكرية وغيرها.
وحول مفاوضات أستانة السورية علق الجبير قائلا: محادثات أستانة فنية مصممة لتطبيق وقف إطلاق النار والسماح بدخول المساعدات إلى سورية وهذا ما نريده.
وزارد قائلا بأن طرح فترة انتقالية يعني أنه لن تكون هناك شرعية لمَن كان مسؤولاً عن قتل 500 ألف سوري.
وبشأن إيران أفصح الوزير الجبير قائلا: المملكة تتطلع إلى علاقات أفضل مع طهران إذا توقفت عن رعاية الإرهاب.. ومتفائلون بدور الإدارة الأمريكية الجديدة بهذا الصدد.
لمشاهدة الفيديو اضغط هـــــــــــــنـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــا

BERITA DIATAS:

1- Tidak ada hubungannya dengan Ahok dan jamaah haji sama sekali.
Penghentian jamaah haji adalah sangat tidak mungkin apalagi Pemerintah Saudi sudah menyebutkan jumlah jamaah haji tahun ini hasil kesepakatan dengan pemerintah Indonesia.

2- Peningkatan Hubungan & kerjasama yang Saudi bangun pada berita diatas adalah dengan Turki bukan Iran.

3- Yang dimaksud memperbaiki hubungan dengan Iran, adalah masalah konflik Suriah, yaitu dalam rangka penghentian tembak menembak dan memudahkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Suriah yang sudah sangat menderita.

Hoax Saudi Arabia akan Skorsing Jamaah Haji Indonesia | admin | 4.5
error: Content is protected !!